Pages

Senin, 16 September 2013

Anakku Autis, Aku Harus Bagaimana?



Ketika para orang tua pertama kali mendengar bahwa anak mereka didiagnosis mengalami autis, harus diakui kebanyakan dari mereka kaget sekaligus khawatir apakah yang harus di lakukan? Namun anda tidak perlu khawatir, karena sekarang banyak sumber yang tersedia, namun harus berhati-hati dalam memilih sumber.
Sebuah buku yang ditulis oleh Susan Latson kidd (2011) dengan judul “Anakku Autis, Aku Harus Bagaimana?” dapat membantu anda dalam menghadapi kebingungan yang sedang melanda anda. Sedikit pemaparan tentang salah satu pembahasan awal buku ini tentang aturan dasar yang perlu di ingat ketika anak anda telah didiagnosis mengalami autis.
Bismillahirrahmanirrahim, semoga bermanfaat ^^
“Aturan Dasar Yang Perlu di Ingat!!”
1.       Teruslah Berusaha dan Pantang Menyerah
Allah memberikan kekurangan dan kelebihan pada setiap manusia. Anak yang mengalami autisme tidaklah bodoh, banyak dari mereka yang dapat sukses dan tidak kalah dengan anak normal lainnya. Proses otak mereka tidaklah error, tetapi sistem operasi otak mereka berbeda dengan anak normal lainnya, oleh karena itu mereka disebut anak berkebutuhan khusus.
Anak anda sangat istimewa, di sinilah kerjasama dari kedua orang tua dan lingkungan keluarga diuji, anda belajar bersabar, belajar ilmu baru dari anak anda. Yakinkan diri anda juga terus berusaha dan tak lupa selalu berdoa. Ketika diri sudah yakin dan berusaha, maka anda akan menemukan strategi yang tepat, program dan intervensi yang tepat untuk membantu anak anda.
Optimislah bahwa setiap permasalahan anakn ada jalan keluar. Karena Allah SWT tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan anda. Jangan pernah frustasi dengan keadaan. Setiap hari adalah belajar, maka jangan sia-siakan masa belajar itu sebelum terlambat.
  
2.       Saringlah dari “pakar” autisme
“pakar?” apa yang membuat seseorang disebut pakar? Aapakah akrena pengalaman seseorang di satu area autisme sudah cukup menjadikan mereka seorang pakar? Menurut penulis buku ini “Susan Larson Kidd” pakar autisme yang sejati adalah mereka yang mengidap gangguan spectrum autism itu sendiri.

3.       Memahami keragaman autisme
4.       Tidak banyak mengetahui apa itu autisme, tetapi anda memahami anak anda itu sudah lebih dari cukup   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post

About

Blogger news